Langsung ke konten utama

Terapkan Belajar Matematika Itu Menyenangkan


matematika menyenangkan

Mengajak seorang anak untuk  belajar Matematika itu mudah. Anda bisa memulainya dari keadaan sehari-hari. Misal ketika sedang menyajikan makanan, Anda bisa meminta anak membantu sekaligus belajar. Dengan cara yaitu meminta anak menghitung berapakah banyaknya piring atau gelas yang dibutuhkan untuk menyajikan makanan.

Ketika pulang berbelanja, mintalah buah hati kita untuk memilah barang dengan dikelompokkan jenisnya. misal Cabe, tomat dan bawang masuk kelompok bumbu. Sayuran dan lauk dikelompokkan tersendiri. Dengan begini, sadar tidak sadar anak sudah belajar konsep himpunan.

Proses pembelajaran matematika menggunakan simbol menciptakan sifat abstrak yang menyulitkan. Misal penggunaan simbol +, - dan = itu dapat dimulai ketika sedang bermain. Mintalah mereka menghitung banyaknya bola atau boneka atau lainnya yang dimilikinya. Berikan sejumlah barang lainnya. dan Anda dapat memberirak penjelasan mengenai konsep penjumlahan di kejadian ini.

Tips Khusus Agar Anak Menyukai Matematika

Beri kesan pada buah hati kita bahwa matematika menyenangkan. Hindari kata-kata menyesatkan seperti ,”papa juga dulu waktu sekolah tidak bisa….”. Ucapan model seperti ini dapat membentuk citra matematika itu sulit dan pada akhirnya tertanam pada otak bawa sadar mereka.
Beri semangat biar rasa percaya diri anak bertambah. banyak yang kurang pede misal sebenarnya anak itu sudah paham tapi karena tidak PD dalam mengerjakan menjadi salah.
Selalu melakukan pengulangan pemahaman dalam kurun waktu tertentu. Misalnya belajar tentang pengurangan dilakukan tiap 2 hari. Perulangan membantu kesiapan anak pada suatu konsep.
Ketika mengerjakan soal matematika, ajak buah hati membandingkannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya  ‘Hari ini hari Minggu, maka 5 hari kemudian adalah hari…..’. Ajak anak untuk menghitungnya dengan bantuan kalender, untuk menghadapi masalah seperti ini.
Sediakan permainan atau bacaan berhubungan dengan Matematika. Permainan lego, rubik dan sudoku adalah permainan matematika.
Mengerjakan macam-macam variasi soal juga membantu anak lebih memahami materi. Misalnya bentuk 5 x …. = 25 sama saja dengan soal 25 : 5 = …


Karena pada dasarnya seorang anak lebih menyukai permainan daripada belajar, karena memang dunia anak itu dunia bermain, tapi bukan tidak mungkin ketika kita bisa menyisipkan sebuah pembelajaran konsep matematika yang kompleks pada dunia bermain anak agar bisa dengan mudah dicerna oleh buah hati kita.

Sekarang sudah jamannya digital, teknologi sudah meleber ke kampung pelosok halaman. dan kita juga bisa menemukan banyak game matematika yang dapat digunakan media bermain anak sekaligus belajar.

Ragam Permainan Matematika Komputer untuk Anak

Berikut ada beberapa game yang saya rekomendasikan barang kali bisa membantu buah hati kita dalam mempelajari konsep matematika secara menyenangkan tentunya kalo anda kurang puas silahkan searching lagi bisa menggunakan kata kunci game math, misalnya, dan Insya Allah pada saat saya membuat blog ini saya ingin serius belajar membuat game flash matematika untuk anak-anak dan semoga saya bisa mewujudkannya, do’akan saya ya….

Latihan Kecil Matematika: Permainan ini dapat membantu dalam menguji keterampilan berkaitan dengan pengurangan, penambahan, pembagian dan .perkalian.
Math man: Ini adalah sebuah game online dengan karakter 'si Matematika' harus memakan setan/hantu. Hantu yg tepat dengan jumlah memecahkan persamaan yang diberikan juga harus dimakan.
Quick Math: Dalam game ini' Quick Math, pemain diberikan persamaan. Dia dapat memilih simbol yang cocok untuk melengkapi dan menyelesaikan persamaan.
Pertandingan dalam Tiga: Dalam melatih otak, tujuan dari pemain yaitu menciptakan satu set dari 3 simbol yang cocok. Satu dapat swap dua simbol pada suatu waktu dengan mengklik pada keduanya satu-per-satu.

dan masih banyak lagi misal Aritmatika Game, Algebra Puzzle, Eaters Fraction, Algebraic Reasoning dan lain sebagainya yang mempunyai tujuan yang sama yaitu mengkosep belajar matematika dengan permainan sehingga dapat membantu anak untuk menciptakan konsepnya sendiri.

:
Manfaat Permainan Matematika

Permainan matematika nonkomputer juga bisa digunakan untuk sarana belajar, dan permainan ini tidak hanya membantu anak dalam memberikan nilai yang lebih baik dikehidupan akademisnya, tapi juga untuk memahami konsepdasar matematika dan hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Logika.

Permainan matematika anak-anak ini harus berguna bagi orang tua untuk membuat buah hati mereka mengembangkan minat subjek yang relatif sulit. Jika anak mulai menikmati aktivitas memecahkan teka-teki dalam permainan, keterampilan matematika anak-anak secara bertahap akan terus berkembang.

Dan lebih penting adalah tetap membuat anak betah dirumah, dalam belajar, walaupun tidak buruk juga "bermain sambil belajar" di luar rumah. Namun bila Anda menyiapkan anak untuk menjadi anak yang tumbuh disiplin. Maka sediakanlah jalan masuknya, yakni belajar matematika yang lebih menyenangkan, entah itu harus lewat permainan atau lainnya. Tidak sulitkan belajar matematika di rumah?

Postingan populer dari blog ini

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Cara Menghitung Logaritma

Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil. NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma". Log 2 = 0,301 Log 3 = 0,477 Log 5 = 0,699 Log 7 = 0,845 Perlu kita tahu bahwa metode menghitung logaritma tanpa kalkulator ketepatan nilainya (akurasi ) mendekati 100%. Artinya perhitungan ini tidak akan sepenuhnya tepat sesuai dengan nilai yang seharusnya. Namun, untuk dapat menghitung nilai-nilai logaritma dimana numerusnya relatif kecil, metode ini dapat dibilang cukup akurat (> 99,9%). dan sebaliknya, jika numerusnya cukup besar, akan terjadi penyimpangan dari hasil

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1