Langsung ke konten utama

Materi Matematika SD kelas 5

materi matematika sd kelas 5

Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari bab ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. menguasai sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat,
  2. menjumlahkan dan mengurangi bilangan bulat,
  3. mengalikan dan membagi bilangan bulat,
  4. melakukan pembulatan ke satuan, puluhan, ratusan, atau ribuan terdekat,
  5. menentukan taksiran penjumlahan dan perkalian,
  6. mengenal bilangan prima,
  7. memahami faktor, faktor prima, dan faktorisasi,
  8. menentukan KPK dan FPB dari 2 atau 3 bilangan,
  9. melakukan operasi hitung campuran,
  10. menghitung serta menemukan pola bilangan berpangkat dua atau bilangan kuadrat,
  11. menggunakan cara menemukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat,
  12. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB

Menggunakan Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, dan Kecepatan dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari bab ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. menuliskan tanda waktu dengan notasi 12 jam yang melibatkan keterangan pagi, siang, sore, atau malam;
  2. menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam;
  3. mengenal satuan waktu jam, menit, dan detik;
  4. mengubah jam ke menit dan detik, dan sebaliknya;
  5. melakukan operasi hitung satuan waktu;
  6. melakukan pengukuran sudut;
  7. menentukan dan menaksir besar suatu sudut;
  8. menggambar sudut dan sudut siku-siku dengan busur derajat;
  9. mengukur sudut dengan busur derajat;
  10. membaca sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam;
  11. mengenal satuan jarak dan kecepatan;
  12. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.

Menghitung Luas Bangun Datar Sederhana dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari bab ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. mengenal satuan luas;
  2. mengubah satuan luas ke satuan luas yang tingkatannya berbeda;
  3. mengenal trapesium;
  4. menentukan rumus dan menghitung luas trapesium;
  5. mengenal layang-layang;
  6. menentukan rumus dan menghitung luas layang-layang;
  7. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.

Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari bab ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. mengenal satuan volume;
  2. mengubah satuan volume ke satuan volume yang tingkatannya berbeda;
  3. mengenal sifat-sifat balok dan kubus,
  4. menentukan volume kubus dan balok.

Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari bab ini,  diharapkan siswa dapat

  1. mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dan campuran;
  2. mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya;
  3. mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya;
  4. memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen;
  5. membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai;
  6. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan;
  7. melakukan perkalian bilangan asli dengan pecahan, pecahan dengan pecahan;
  8. melakukan pembagian bilangan bulat yang menghasilkan pecahan;
  9. melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan;
  10. melakukan pembagian pecahan dengan pecahan;
  11. melakukan hitung campuran berbagai bentuk pecahan;
  12.  memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pecahan;
  13. mengenal arti pecahan sebagai perbandingan;
  14. memahami skala sebagai perbandingan;
  15. melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan skala .

Memahami Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan Antarbangun

Tujuan Pembelajaran

  • Setelah mempelajari bab ini,  diharapkan siswa dapat:

  1. menyebutkan sifat-sifat segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang,lingkaran, belah ketupat, dan layang-layang;
  2. menggambar segitiga samasisi, segitiga samakaki,  persegi, trapesium, belah ketupat,layang-layang, lingkaran, dan elips;
  3. menyebutkan sifat-sifat kubus, prisma tegak,  limas, kerucut, tabung, dan bola;
  4. menggambar kubus, prisma tegak, limas, kerucut, dan tabung;
  5. menggambar jaring-jaring kubus, prisma siku-siku, prisma segitiga, limas segiempat,limas segitiga, kerucut, dan tabung;
  6. menunjukkan kesebangunan antar bangun-bangun datar;
  7. menyelidiki sifat-sifat simetri lipat dan menentukan banyak sumbu simetri bangun persegi,segitiga samasisi, dan bangun-bangun datar lain;
  8. mengenal simetri putar dan menentukan pusat dan sudut putaran pada bangun datar
  9. menentukan banyak simetri putar pada bangun-bangun datar;
  10. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan isi kubus atau balok.
Unutk mendownoad materi-materi tersebut silahkan menuju link ini : bse matematika

Postingan populer dari blog ini

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Cara Menghitung Logaritma

Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil. NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma". Log 2 = 0,301 Log 3 = 0,477 Log 5 = 0,699 Log 7 = 0,845 Perlu kita tahu bahwa metode menghitung logaritma tanpa kalkulator ketepatan nilainya (akurasi ) mendekati 100%. Artinya perhitungan ini tidak akan sepenuhnya tepat sesuai dengan nilai yang seharusnya. Namun, untuk dapat menghitung nilai-nilai logaritma dimana numerusnya relatif kecil, metode ini dapat dibilang cukup akurat (> 99,9%). dan sebaliknya, jika numerusnya cukup besar, akan terjadi penyimpangan dari hasil

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1