Langsung ke konten utama

MATERI MATEMATIKA SMP KELAS 7

MATERI MATEMATIKA SMP KELAS 7

BILANGAN BULAT


  • Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat memberikan contoh bilangan bulat;
  • dapat menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negatif;
  • dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan;
  • dapat menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat bilangan bulat termasuk operasi Campuran;
  • dapat menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan negatif dengan negatif dan positif dengan negatif;
  • dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat;
  • dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat;
  • dapat menemukan dan menggunakan sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian, dan perpangkatan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah.

PECAHAN

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran, desimal, persen, dan permil;
  • dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain;
  • dapat menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan pecahan;
  • dapat menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis;
  • dapat melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar;
  • dapat menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal;

PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIAEL

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat mengenali persamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel;
  • dapat menentukan bentuk ekuivalen dari persamaan linear satu variabel dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama;
  • dapat menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel;
  • dapat mengenali pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel;
  • dapat menentukan bentuk ekuivalen dari pertidaksamaan linear satu variabel
  • dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama;
  • dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel;
  • dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel;
  • dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel;
  • dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
  • dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.

PERBANDINGAN DAN ARITMATIKA SOSIAL

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian;
  • dapat menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi;
  • dapat menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan;
  • dapat menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala;
  • dapat memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai);
  • dapat menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).

HIMPUNAN

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya;
  • dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan;
  • dapat menyatakan notasi himpunan;
  • dapat mengenal himpunan kosong dan notasinya;
  • dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan;
  • dapat menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan;
  • dapat mengenal pengertian himpunan s emesta, s erta dapat menyebutkan anggotanya;
  • dapat menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan;
  • dapat menjelaskan kurang ( difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya;
  • dapat menjelaskan komplemen dari suatu himpunan;
  • dapat menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn;
  • dapat menyajikan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn;
  • dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn;
  • dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.

GARIS DAN SUDUT

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan) melalui benda konkrit;
  • dapat mengenal satuan sudut yang sering digunakan;
  • dapat mengukur besar sudut dengan busur derajat;
  • dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul);
  • dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga (garis lain);
  • dapat menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal;
  • dapat melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka;
  • dapat melukis sudut 60, 90, 30, 45, 120, dan 150;
  • dapat membagi sudut menjadi dua sama besar.

SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
  • dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya;
  • dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya;
  • dapat menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya;
  • dapat menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya;
  • dapat menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat;
  • dapat menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segi empat;
  • dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat;
unutk mendownload materi smp kelas 7 tersebut silahkan menuju link berikut bse matematika

Postingan populer dari blog ini

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Cara Menghitung Logaritma

Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil. NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma". Log 2 = 0,301 Log 3 = 0,477 Log 5 = 0,699 Log 7 = 0,845 Perlu kita tahu bahwa metode menghitung logaritma tanpa kalkulator ketepatan nilainya (akurasi ) mendekati 100%. Artinya perhitungan ini tidak akan sepenuhnya tepat sesuai dengan nilai yang seharusnya. Namun, untuk dapat menghitung nilai-nilai logaritma dimana numerusnya relatif kecil, metode ini dapat dibilang cukup akurat (> 99,9%). dan sebaliknya, jika numerusnya cukup besar, akan terjadi penyimpangan dari hasil

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1