Langsung ke konten utama

materi kelas 4 bilangan ribuan

Materi kelas 4 semester 1 mengenal bilangan ribuan
Dari kelas 1 sampai kelas 3, kalian sudah mengenal dengan bilangan satuan yang terdiri dari 1 angka, serta bilangan puluhan yang terdiri dari 2 angka, dan juga bilangan ratusan yang terdiri dari 3 angka. Sekarang, kalian lanjutkan materi selanjutnya untuk mempelajari bilangan yang lebih besar , yaitu bilangan yang terdiri dari 4 angka.

Mengenal Bilangan Ribuan


Coba kamu lihat gambar uang di bawah ini. Kita menyebut uang ini sebagai uang seribuan.
mengenal bilangan ribuan
a. Berapakah nilai atau nominal uang tersebut?
b. Ada berapa angka didalam bilangan pada uang tersebut?

Uang trsbt bernilai Rp1.000 dibaca seribu rupiah kita tau ada 4 angka dalam bilangan 1.000

1.000 (Dibaca: seribu)

Bilangan yang terdiri atau tersusun dari 4 angka disebut bilangan ribuan. Nilai tempat dan nilai angka bilangan ribuan dapat ditunjukkan oleh contoh bilangan 1.234 berikut

                                    Bilangan 1.234
             Angka              Nilai Tempat             Nilai Angka
                 1                       ribuan                       1.000
                 2                       ratusan                         200
                 3                       puluhan                          30
                 4                       satuan                              4

Bilangan 1.234 dibaca dengan  ”seribu dua ratus tiga puluh empat”.

Coba sekarang kamu jumlahkan semua nilai angka pada kolom ketiga tabel. maka akan kamu peroleh bentuk penjumlahan sbb
1.234 = 1.000 + 200 + 30 + 4
Bentuk penjumlahan dari nilai angka disebut  bentuk panjang dari suatu bilangan.

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan


Untuk dapat membandingkan dua bilangan, kalian bandingkan masing2 angka dari kedua bilangan yang mempunyai nilai tempat sama banyak(dimulai dari angka yang paling kiri).
Bandingkan angka ribuan. Jika angka ribuan sama besar, bandingkan angka ratusan. Jika angka ratusan  sama besar , bandingkan angka puluhan. Jika angka puluhan  sama besar, bandingkan angka satuan. Jika keempat angka sama, maka dua bilangan yang dibandingkan sama nilainya.
Setelah kita dapat membandingkan bilangan, kita dapat mengurutkannya.

Contoh:
Urutkan bilangan 5.235,  6.981,  4.564
Jawab:
Dapat kita bandingkan bahwa:
4.564  <  5.235  <  6.981
Jadi, urutan bilangan-bilangan tersebut adalah  4.564,  5.235,  6.981

Postingan populer dari blog ini

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Cara Menghitung Logaritma

Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil. NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma". Log 2 = 0,301 Log 3 = 0,477 Log 5 = 0,699 Log 7 = 0,845 Perlu kita tahu bahwa metode menghitung logaritma tanpa kalkulator ketepatan nilainya (akurasi ) mendekati 100%. Artinya perhitungan ini tidak akan sepenuhnya tepat sesuai dengan nilai yang seharusnya. Namun, untuk dapat menghitung nilai-nilai logaritma dimana numerusnya relatif kecil, metode ini dapat dibilang cukup akurat (> 99,9%). dan sebaliknya, jika numerusnya cukup besar, akan terjadi penyimpangan dari hasil

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1