Aplikasi HP untuk membantu belajar matematika

Beikut beberapa aplikasi hp yang dapat membantu anda dalam belajar matematika yang saya dapat dari situs m-edukasiana

Hubungan Antar Sudut


Kode        : MAT022010
Produksi   : 2010
Platform    : Flash Lite
Format      : Tutorial
Versi         : Final
Mapel       : Matematika
Penulis      : Teguh Riyadi, S.Kom
Sinopsis     : Program tutorial ini berisi penjelasan hubungan antar sudut berpelurus, berpenyiku dan bertolak belakang serta menghitung besar sudutnya. Untuk menguji kompetensi anda, program ini juga dilengkapi dengan tes.
download disini

Space Matriks War


Kode: MAT032010
Produksi: 2010
Platform: Flash Lite
Format: Tutorial
Versi: Final
Mapel: Matematika
Penulis: Wiwik Akhirul Aeni, M.Kom
Sinopsis: Program ini berisi penjelasan pengertian matriks, operasi dan sifat matriks, matriks persegi, determinan dan invers matriks dalam pemecahan masalah. Materi dikemas dalam format game (permainan) dimana soal-soal latihan dan test dalam bentuk puzzle (menjawab soal) selama permainan berlangsung
Download disini

Sistem Persamaan Linear Dua Variabe


Kode: MAT042010
Produksi: 2010
Platform: Flash Lite
Format: Simulasi
Versi: Final
Mapel: Matematika
Penulis: M. Miftah, M.Pd.
Sinopsis : Program ini berisi penjelasan tentang program untuk memberikan pemahaman tentang sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah, antara lain; (1) apa pengertian dan bentuk umum dari PLDV (Persamaaan Linear Dua Variabel)?, (2) bagaimana menentukan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik?, (3) bagaimana cara menyelesaikan soal-soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk SPDLV (Sistem Persamaaan Linear Dua Variabel)?. Materi dikemas dalam format simulasi yang dapat memberi kemudahan bagi siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan SPDLV (Sistem Persamaaan Linear Dua Variabel).
Download disini

Bandingkanlah


Kode: MAT052010
Produksi: 2010
Platform: Flash Lite
Format: Tutorial
Versi: Final
Mapel: Matematika
Penulis: Manikowati, S.Pd.
Sinopsis: Program ini berisi pengertian tentang perbandingan dan jenisnya, yaitu perbandingan senilai dan berbalik nilai. Perbandingan didefinisikan secara singkat dan lugas dengan gambaran yang akan mempermudahan pemahaman user tentang perbandingan. Sedangkan untuk berbandingan senilai dan berbalik nilai diberikan deskripsi singkat dengan contoh-contoh dan soal-soal latihan beserta penyelesaiannya. Pada tes, user hanya disajikan soal-soal untuk mengetahui kompetensi perbandingan tanpa adanya penyelesaian.
Download disini

Pola Bilangan


Kode : MAT012010
Produksi : 2010
Platform : Flash Lite
Format : Simulasi
Versi : Final
Mapel : Matematika
Penulis : Son Kuncara Edhie, S.Kom
Sinopsis : Program ini berisi penjelasan tentang barisan aritmetika dan geometri yang dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Program ini juga dilengkapi dengan simulasi untuk menentukan suku ke-n, menentukan jumlah n suku dari Deret aritmetika atau Deret geometri.
Download disini

Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi 2013

Apa kabar para pecinta matematika? kali ini saya akan bagikan info yang barangkali kalian minat untuk mengikutinya. Sebenarnya sih saya sendiri juga ingin mengikuti tapi mau gimana lagi waktu juga belum memungkinkan.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka akan mengadakan Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi 2013 pada hari senin 18 November 2013. Tema seminar adalah ”Pembangunan dan Lingkungan Hidup di Indonesia Dalam Perspektif Sains dan Teknologi”.

nih ada undangan untuk kalian !!!
itu sedikit info yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat buat anda semua, oia untuk donwload undangan ssecara resminya disini http://fmipa.ut.ac.id/semnasfmipa/2013/news/peserta_semnas.pdf

Langkah-Langkah Menyusun RPP sesuai Kurikulum 2013

Langkah-langkah Penyusunan RPP Untuk Kurikulum 2013~ Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rencana kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk dapat mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Standar Isi dan di jabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator pada 1 (satu) kali  pertemuan atau lebih.

Setelah memperhatikan rambu penyusunan RPP kurikulum 2013 dan prinsip penyusunan RPP kurikulum 2013, selanjutnya guru harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang terbagi dalam 3 (tiga) langkah besar, Kegiatan pendahuluan, kemudian Kegiatan inti dan diteruskan dengan Kegiatan penutup dengan rincian sebagai berikut :

Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

  • Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
Pemberian acuan
  • Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari
  • Ajuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar
  • Pembagian kelompok belajar
  • Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesua dengan rencana langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan Inti


  • Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar
  • Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
  • Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.

Kegiatan Penutup


  • Kegiatan guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan
  • Pemberian tes atau tugas dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan diluar kelas, dirumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

Contoh format RPP dapat dilihat seperti gambar dibawah ini :
Langkah-Langkah Menyusun RPP seesuai Kurikulum 2013

Silabus Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013

Silabus Matematika SMP Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA ‎SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII KURIKULUM 2013‎

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Kelas / Semester
:
VII (Tujuh)/1 (Satu)
Kompetensi Inti*


Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Download lengkapnya di Silabus matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA ‎SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII KURIKULUM 2013‎

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Kelas / Semester
:
VIII
Kompetensi Inti*


Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Download lengkapnya di Silabus matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA ‎SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX KURIKULUM 2013‎

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Kelas / Semester
:
IX
Kompetensi Inti*


Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Download lengkapnya di Silabus matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013

RPP Matematika SMA Kurikullum 2013

RPP Matematika SMA Kurikullum 2013, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah rencana kerja yang memuat prosedur dan pelaksanaan atau pengoperasian pembelajaran untuk mencapai sebuah kompetensi dasar yang yang akhirnya harus memenuhi standar isi.

Tidak bisa dipungkiri sebenarnya banya para guru yang tidak mau membuat rencana pelaksaan pembelajaran atau biasa disebut dengan RPP dengan banyak alasan, ada yang bilang ngapain buat rpp toh akhirnya kita tidak bisa menjalankan pembelajaran sama persis dengan rpp ada juga karena sudah betahun-tahun menjadi seorang guru jadinya tidak begitu mengindahkan adanya RPP.

padahal tanpa sebuah rencana tentunya perjalan kita akan lebih kacau bagaimana kita bisa menilai sebuah akhir perjalanan jika kita tidak mempunyai rencana, bagaimana kita mengukur tingkat keberhasilan kita dalam melaksanakan pembelajaran jika kita tidak tau apa yang akan kita nilai.

Jangan biasakan untuk menyepelekan RPP tentunya ketika pemerintah memasukkan RPP dalam perangkat pembelajaran mereka tidak asal memasukkan tentunya ada alasan tersendiri jika RPP termasuk dalam perangkat pembelajaran.

mungkin itu saja sedikit urian pentingnya rpp bagi yang mau melihat contoh rppnya silahkan klik link dibawah

RPP Matematika SMA Kurikulum 2013

Contoh RPP Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

Contoh RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk tingkat SMP mate pelajaran matematika, kali ini saya bagikan hasil surfing saya di internet tentang contoh RPP yang saya dapatkan.

Pada Kurikulum 2013 ini semua perangkat belajar sebenarnya sudah disediakan namun dalam penyebarannya belum menyeluruh, barangkali untuk para guru yang belum mendapatkan perangkat belajar yang satu ini yaitu rpp matematika khususnya untuk tingkat smp mungkin rpp ini bisa menjadi contoh anda dalam penyusunan rpp anda.

Dan juga berhubung implementasi untuk kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahun 2013 sampai 2015 tidak ada salahnya kita mengadopsi rpp milik orang lain yang penting jangan menjiplak 100%.

Namanya juga Rencana Pelaksanaan Belajar masaksih rencana pembelajaran kita sama dengan rencana pembelajaran guru lain kan tidak etis. Tentunya kita mempunyai cara tersendiri dan mempunyai tekhnik ataupun model pembelajaran kesukaan kita.

nah langsung saja unduh file berikut untuk melihat Contoh Rpp Pelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

itulah sedikit artikel untuk pagi hari ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

permainan matematika dan kotak angka

Permainan matematika !!! Mungkin  anda pernah mendapat sebuah tebakan dengan pertanyaan seperti berikut “Ada bilangan yang terdiri dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. dan kemudian semua bilangan tersebut di masukkan ke dalam kotak persegi yang terbagi dengan sembilan kotak. Bagaimana cara menyusun bilangan tersebut agar diperoleh hasil dari jumlah angka horisontal, vertikal, maupun diagonalnya memiliki nilai yang sama besar .” Pertanyaan ini pernah saya dapatkan sewaktu saya masih di Sekolah Dasar kelas IV.

Pada prinsipnya tebakan matematika seperti ini dapat untuk melatih ketrampilan logika kita dan juga kemampuan dasar aritmetika pada pembelajaran matematika. Untuk itu saya merekomendasikan tebakan matematika ini bisa dijadikan sebagai pengantar dalam pembelajaran matematika atau permainan matematika yang lainnya untuk merangsang anak didik agar lebih berminat dalam mempelajari matematika.

Kembali pada pertanyaan tadi bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut, silahkan perhatika langkah untuk menjawabnya:

permainan matematika dan kotak angka 1
1. Buatlah kotak bantuan seperti yang ditunjukkan gambar dengan garis putus-putus

permainan matematika dan kotak angka 2
2. isikanlah bilangan secara diagonal seperti di tunjukan gambar atau gambar dibawah

permainan matematika dan kotak angka 3
pilahan pengisian kedua
permainan matematika dan kotak angka 4
Langkah ke 3 yaitu tukarkanlah kotak bantuan bagian atas dengan bawah dan kotak bantuan samping kanan dengan samping kiri

permainan matematika dan kotak angka 3
Hasil akhir dari penukaran angka seperti langkah 3
Sekarang kalian jumlahkan angka-angka tersebut secara horisontal vertikal ataupun diogonal apakah memiliki jumlah yang sama besar, selamat menikmati permainan matematika dan kotak angka

Materi Program Linear dan Algebra

Materi Program Linear merupakan materi pembelajaran Matematika yang harus diajarkan pada kelas XII SMA/MA baik IPA maupun IPS. Secara umum materi program linear bukanlah materi yang sulit bagi siswa karena materi ini cukup sederhana dan tidak kompleks karena dasar-dasar dari materi program linear ini adalah materi sistem persamaan linear. Secara lengkap materi program linear dapat kalian download di sini.

Namun bagi para guru dalam penyampaian materi program linear ini agak merepotkan karena untuk menjelaskan materi program linear menyita waktu yang cukup banyak dalam menggambar grafik-grafik dalam menentukan nilai optimum dari suatu fungsi menjadi kendala pada umumnya. Kesulitan lain yang biasa dialami yaitu misalnya dalam permasalahan soal yang agak terlalu panjang sehingga saat menentukan model matematikanya juga cukup mengalami kesulitan.






Oleh karena itu sebagai seorang guru matematika, untuk disarankan bisa menggunakan aplikasi geogebra agar pada saat menjelaskan materi program linear guru tidak lagi membuang banyak waktu untuk menggambarkan grafik-grafik nya, anda dapat mengunduh aplikasinya di www.geogebra.org dan untuk bagaimana cara menggunakannya silahkan lihat tutorialnya.





 
Dan ini saya menemukan satu video dari youtube meski agak buram, yaitu bagaimana cara mencari nilai optimum dengan aplikasi geogebra :

itulah sedikit materi matematika yang bisa saya berikan semoga bermanfaat dan selamat belajar materi program linear dan algebra

Cara Mengetahui Kemampuan Matematika Sejak Bayi

Cara Mengetahui Kemampuan Matematika Sejak BayiPenelitian untuk mengetahui bakat dalam dunia matematika bisa diketahui sejak bayi berumur 6 bulan, sesuai yang dilansir dari discovery news yang mengatakan bahwa kepekaan primitif terhadap angka yang dimiliki bayi brumur 6 bulan mereka dapat membedakan item-item dengan kelompok angka berbeda, yang ditengarai kemampuan inilah yang bisa memperlihatkan bayi memiliki kemampuan dalam belajar matematika.

Elizabeth Brannon seorang peneliti yang terlibat dalam studi tersebut yang merupakan seorang psikologi dan ilmu saraf duke university di nort carolina, dia dan tim menciptakan sebuah alat tes matematika untu bayi, dimana tes ini ditengarai dapat digunakan untuk memberikan penilaian ataupun skor terhadap "kepekaan primitif bayi terhadap angka".

didalam tes, serangkaian pola hitam putih yang dibuat dari sejumlah titik berkedip-kedip di dua layar di epan bayi .Perbedaan dari pola-pola tersebut bahwa salah satunya selalu menunjukkan pola-pola yang terbuat dari jumlah titik yang sama banyak, meskipun ukuran serta pengaturan titiknya berubah. Sedang di layar satunya, jumlah titik yang membentuk sebuah pola yang mengalami perubahan, bertambah maupun berkurang.

Nah, dengan tes semacam ini, seorang bayi yang mempunyai kepekaan angka yang kuat akan melihat ke sisi layar dengan jumlah titik yang berubah-ubah. Dia juga akan cenderung melihat layar dalam waktu yang cukup lama.

Dengan menggunakan metode seperti ini, Brannon dan timnya menguji kepekaan angka terhadap 48 bayi berusia 6 bulan. Kemudian mereka menindak lanjuti penelitian ini saat anak tersebut berusia 3,5 tahun. Di mana anak-anak tersebut diminta untuk melakukan sejumlah tes matematika, mencari tahu seberapa baik mereka dapat mengenal angka. Anak yang mempunyai kepekaan angka yang kuat pada saat masih bayi ternyata memiliki hasil tes matematika yang lebih baik.

Mungkin itu sedit artikel tentang cara mengetahui kemampuan matematika sejak bayi yang bisa sajikan semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di blog

PELATIHAN GURU MATEMATIKA SMP/MTS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Modul bahanajar ini merupakan bahan ajar wajib dalam rangka untuk pelatihan calon instruktur, guru inti, dan guru  untuk dapat memahami Kurikulum 2013 dan kemudian dalam proses pembelajaran disekolah.

Kurikulum 2013 diberlakukan secara bertahap mulai th. ajaran 2013-2014 melalui pelaksanaan terbatas, khusus bagi sekolah-sekolah yang siap melaksanakannya. Pada Tahun Ajaran 2013/2014, Kurikulum 2013 sendiri  dilaksanakan secara terbatas untuk Kelas I dan IV  (SD/MI) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah, Kelas VII SMP/MTs (Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah), dan Kelas X Sekolah Menengah  Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA/MAK). Pada Tahun Ajaran 2015/2016 di harapkan Kurikulum 2013 telah di laksanakan di seluruh kelas I sampai dengan Kelas XII.
PELATIHAN GURU  MATEMATIKA SMP/MTS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Menjelang implementasi Kurikulum 2013, penyiapan tenaga guru serta tenaga kependidikan lainnya sebagai pelaksana kurikulum 2013 di lapangan perlu dilakukan.  Sehubungan dengan itu semua ,  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan serta Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP), telah menyiapkan strategi untuk Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk guru, kepala sekolah, dan pengawas.  

Pada tahun 2013 pelatihan dilakukan bagi pengawas SD/SMP/SMA/SMK, kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK, serta guru Kelas I dan IV SD, guru Kelas VII SMP untuk 9 mata pelajaran, dan juga guru Kelas X SMA/SMK untuk 3 mata pelajaran.  Guna menjamin kualitas dalam pelatihan tersebut, maka BPSDMPK dan PMP telah menyiapkan 14 Modul dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, sesuai dengan kelas, jenjang pendidikan, dan mata pelajaran. Modul ini diharapkan dapat membantu pihak yang menjalankan tugas dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.  

Untuk lebih jelasnya silahkan download Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 

SD Kelas 01 Tematik Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya di rumuskan secara terpadu kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus di kuasai peserta didik. Juga di rumuskan proses pembelajaran serta penilaian yang diperlukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku yang mengacu pada kurikulum ini harus dirancang dengan menggunakan proses belajar yang sesuai untuk mencapai kompetensi dengan proses penilaian yang sesuai.

Pertanyaan yang muncul adalah seperti apa bentuk idealnya Buku Siswa Kelas I SD/MI yang sebenarnya belum bisa membaca dan menulis? jawaban atas pertanyaan ini bisa sangat ekstrim. Dalam hal isi dari buku, ada yang menginginkan tanpa buku sama sekali, tapi ada juga yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap pelajaran.
Untuk guru SD Kelas 01 Tematik Kurikulum 2013

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu yang diperuntukan Siswa Kelas I SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah diantara keinginan yang muncul. Bukan tanpa buku, melainkan ada buku yang paling tidak memuat materi berisi kegiatan-kegiatan apa yang harus dilakukan peserta didik Kelas I SD/MI agar dapat mencapai kompetensi yang sudah diharapkan.

Pendekatan pembelajaran tematik terpadu di pilih atas beberapa alasan. Pertama, peserta didik Kelas I SD / MI, yang sesuai dengan perkembangannya lebih mudah untuk memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti alur proses pembelajaran trans disipliner dimana kompetensi diajarkan dikaitkan dengan konteks pesertadidik dan lingkungannya. Kedua, dengan cara melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner - interdisipliner di wujudkan agar dapat  tumpang tindih antara materi matapelajaran dapat di hindari demi tercapainya sebuah efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapan nya oleh peserta didik.

Untuk lebih jelasnya mengenai Tematik Kegiatan guru Kelas 01 SD Kurikulum 2013 silahkan anda unduh di link ini terimakasih sudah mau berkunjung di blog belajar-soal-matematika.blogspot.com silahkan share jika bermanfaat.

cara menghitung perkalian pecahan campuran

Artikel Kali ini tentang cara menghitung perkalian pecahan campuran, Seperti hukum operasi bilangan lainnya kalo ditempat saya biasanya disebut dengan pipolanda. ada yang tau maksud dari wejangan tersebut? pipolando merupakan konsep rumus matematika sederhana yang artinya ping poro lan sudo ( dalam bahasa jawa) kalo dalam bahasa indonesia biasanya operasi bilangan campuran dapat dejelaskan pada anak-anak dengan kata "KABATAKU" yaitu KAli, Bagi, TAmbah KUrang.

Maksud dari KABATAKU adalah jika ada operasi campuran maka perkalian dikerjakan lebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan pembagian seterusnya penambahan dan pengurangan. konsep yang perlu diajarkan pada anak sehingga anak-anak tau mana yang harus lebih dulu dikerjakan.

Karena judul artikel cara menghitung perkalian pecahan campuran maka kali ini hanya saya berikan untuk yang operasi perkalian saja, sebelum menuju ke operasi perkalian pecahan campuran ada baiknya kita kilas balik dulu untuk :

operasi perkalian pecahan biasa

Perkalian adalah pejumlahan yang berulang, untuk jelasnya silahkan lihat contoh berikut :
2 x 4 dibaca dua kali empat, untuk mudahnya kalian baca empat sebanyak dua kali yaitu 4 + 4 = 8
4 x 2 dua sebanyak empat kali 2 +  2 + 2 + 2 = 8 
dalam perkalian berlaku sifat komutatif dimana yang dimaksud dengan sifat komutatif adalah dapat dibalik-balik, jadi nilai 2 x 4 sama dengan nilai 4 x 2.

operasi perkalian pecahan decimal/desimal


perhatikan gambar berikut :
cara menghitung perkalian pecahan desimal







Kalian dapat mengalikan pecahan desimal tersebut secara langsung tanpa mengubahnya kedalam bentuk pecahan biasa, tapi untuk lebih mudahnya lebih baik kalian ubah dulu ya kedalam bentuk pecahan biasa. apa bila dibelakang koma ada 1 angka berarti bilangan tersebut dibagi oleh sepuluh apabila ada 2 angka dibelakang koma berati dibagi dengan seratus begitu seterusnya. untuk mengalikannya tinggal kalian kalikan bagian atas ( pembilang ) dengan bagian atas juga (pembilang dan kalikan bagian bawa ( penyebut ) dengan penyebut juga dan terakhir tinggal kalian ubah lagi dalam bentuk desimal

Operasi Perkalian Pecahan Campuran

cara menghitung perkalian pecahan campuran
Silahkan kalian perhatikan operasi pecahan campuran disamping silahkan kalian pahami sendiri apabila ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.


sekian dulu dari saya dengan artikel cara menghitung perkalian pecahan campuran semoga dapat bermanfaat buat kalian semua.

Personel Coboy Junior bermasalah dengan matematika

Artis juga masih bergelut dengan dunia pendidikan yach, karena yang namanya pendidikan walaupun orang tua anda paling kaya tetap harus menjalani proses pendidikan seutuhnya.

Artikel kali ini sekedar untuk informasi ringan yang semoga dapat membantu meringankan kepenatan kalian yang sedang memikirkan matematika hehehe, santai saja karena ternyata Personel Coboy Junior mempunya permasalahan dengan mata pelajaran matematika.

Menurut kiki " pelajaran matematika memang yang paling sulit"
matematika coboy junior

"Yang paling susah, ya menurut aku sih matematika," ucap Kiki, semalam saat ditemui di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta. Menurutnya, untuk bisa menjawab persoalan-persoalan matematika harus memahami rumus-rumus matematika, bukannya menghapal.

"Matematika itu bukan untuk dihapal, tapi bagaimana cara kita memahaminya.‬ Sebenarnya asalkan kita mau belajar kita pasti bisa," lanjutnya. Namun, salah satu personel cobaoy junior itu, enggan menyebut nilai yang diperoleh untuk mata pelajaran matematika.

Bastian kemudian tertawa mendengarkan pernyataan Kiki. Tampaknya, ia juga tidak jauh beda dengan temannya yaitu juga punya masalah serupa terhadap pelajaran matematika.

Baginya pelajaran favoritnya adalah pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes). "Penjaskes pokoknya nomor satu," ucap Bastian.

Yang jelas, semua personel Coboy Junior memiliki tugas utama, yaitu belajar. Meskipun, mereka sudah sibuk dengan segudang rutinitas di dunia entertainment yang mempopulerkan namanya. "Kami boleh berkarya dan juga bersenang-senang. Tapi kami harus tetap fokus belajar. Bagaimanapun sibuknya kegiatan kami, ya harus tetap selalu fokus belajar," tegas Kiki.

Yach itulah sedikit artikel untuk merefres otak kita yang saya lansir dari tribunnewsdotcom. Tetaplah semangat untuk belajar karena negri kita membutuhkan kalian semua. Sukses selalu, amiin.

Baca juga berita matematika berikut :

Rumus Matematika SMA Kelas 10 terbaru

Kali ini akan saya share artikel tentang Rumus Matematika SMA Kelas 10 terbaru yach, kenapa saya beri judul yang terbaru karena semua rumus ini berdasarkan kurikulum 2013 yang notabenenya terbaru untuk saat ini ( saat saya posting artikel ini) kan masih 2013 juga -_-

Saya tidak akan memberikan ringkasan pada anda baik Rumus Eksponen, Rumus Logaritma, Rumus Persamaan Kuadrat, Rumus Fungsi Kuadrat, Rumus Pers & Pertidaksamaan, Rumus Logika, Rumus Trigonometri, Rumus Bangun Ruang, atau lain sebagainya karena yang saya inginkan anda mau membaca dan meringkan materi-materi ataupun rumus dengan cara sendiri.

Untuk lebih meningkatkan kepekaan anda dalam memahami dan menghafalkan rumus-rumus matematika itulah alasan saya mengapa tidak saya share begitu saja. Janganlah menjadi siswa yang manja jangan hanya mengandalkan guru anda jangan hanya mengandalkan rumus-rumus praktis.

Biasanya ketika anda hanya mengandalkan rumus praktis otak anda tidak berkembang. Otak anda hanya nerima jadi tidak tau bagaimana proses mendapatkan rumus matematika SMA.

Laterus dimana saya bisa membaca materi matematika terbaru yang sesuai dengan kurikulum 2013. silahkan anda baca disini http://belajar-soal-matematika.blogspot.com/2013/08/bse-materi-matematika-sma-kelas-x.html setelah anda membacanya silahkan anda buat ringkasan sendiri meski didalam BSE tersebut sudah ada ringkasannya.

Kenapa harus meringkas sendiri? padahal ringkasannya sudah disediakan? sekali lagi saya tekankan kalian harus memahami proses itu sendiri agar kalian bisa memahami dengan baik tidak hanya hari ini anda menghafal dan besok lupa lagi.

Tidak ada Kecerdasan yang Bisa Kalian Peroleh Secara Instans.

SELAMAT BELAJAR. GANBATE !!!! -_-

matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan

Artikel kali ini tentang matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan Waktu, Satuan Luas dan Satuan Volum

Satuan Waktu

Satuan waktu, taukan apa itu waktu...? ya kta sering mendengar waktu demi waktu berlalu detik demi deti telah terlewati, ya benar : detik, menit dan jam adalah satuan waktu yang digunakan dalam debit.

Hubungan antar satuan waktu  (detik, menit, dan jam) sebagai berikut.
1 jam = 60 menit = 3.600 detik
1 menit = 60 detik

Nah sekarang kalian tentukan berapa detik dalam 1 jam .....?

Satuan Luas

matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan luas

Satuan Volume

matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan volume

Untuk materi selengkapnya tentang matematika dasar kelas 6 hubungan antar satuan waktu, luas dan volume bisa anda download pada BSE matematika untuk kelas 6 SD

Rumus Lingkaran


Kali ini akan saya sajikan Rumus-rumus Lingkaran mengenai luas lingkaran dan keliling lingkaran. Sebelum kita membahas mengenai rumus lingkaran ada baiknya kita mengerti nama dari bagian-bagian lingkaran untuk itu silahkan liat gambar dibawah
lingkaran dan bagian-bagiannya
rumus luas lingkaranNah udah taukan apa itu Juring, tembereng, jari-jari, diameter, busur tali busur dan apotema. kenapa kita harus mengetahuinya ? karena kadang kita disuruh mencari luas lingkaran dengan hanya di ketahui luas juringnya, atau panjang talibusur dan apotema serta luas tembereng.
matematika itu fleksibel dan unik karena dari satu jawaban bisa dibuat seribu persoalan, ini menurut saya sih...... -_-

setelahkalian mengetahui bagian-bagian dari lingkaran mari kita lanjut dengan pembahasan rumus luas lingkaran dan rumus keliling lingkaran untuk itu perhatikan juga gambar berikut :

Dari gambar diatas kita dapat mengetahui bahwa panjang diameter lingkaran sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran.

Rumus luas lingkaran menggunakan jari-jari lingkaran yaitu phi dikali dengan jari-jari kemudian dikalikan lagi dengan jari-jari

Dan untuk rumus keliling lingkaran yaitu dua kali phi kali jari-jari lingkaran.
Sedang nilai phi yaitu dua puluh dua per tujuh atau desimalnya yaitu tiga koma empat belas (3,14)

bagai mana rumus lingkaran mengunakan diameter lingkaran, perhatikan gambar berikut :
rumus keliling lingkaran

nah semoga dengan gambar disamping bisa menjelaskan mengenai rumus luas lingkaran menggunakan diameter. terima  kasih sudah berkunjung di blog http://belajar-soal-matematika.blogspot.com

semoga bisa paham memahamkan dan sampai bertemu di artikel matematika selanjutnya







baca juga :

 

Tanya Kami

Pelajari Juga