Materi matematika SD kelas 5 Semester 2

Saya sudah pernah share Materi matematika SD kelas 5 semester 1 dan 2, jadi di post ini saya nggak share materi matematika itu lagi silahkan anda menuju link tersebut saja, oke?.

x : terus mau share apa ?
y : rumus cepat ya...?
x : bukan.
y : terus? soal-soal matematika nih...?
x : bukan juga
y : rumus bukan, soal bukan, apa dong...?
x : permainan matematika

nah kali ini akan saya bagikan sebuah permainan matematika, buat selingan aja biar nggak penat-penat amat tuh otak.

Permainan Matematika Menebak Tanggal Lahir


Ya, kali ini belajar-soal-matematika.blogspot.com akan share permainan matematika sederhana tapi menarik, :) karena dengan permainan ini kita bisa mengetahui tanggal lahir seseorang melalui perhitungan angka. 

misal anda memiliki seseorang yang sedang ditaksir lalu ingin mengetahui hari ulang tahunnya, maka dapat menggunakan permainan ini untuk bisa mengetahui hari ulang tahunnya.
Begini caranya:

yang perlu anda lakukan adalah suruh teman anda untuk melakukan perhitungan-perhitungan ini:
1. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 
2. hasilnya tambahkan dengan 6
3. hasil langkah 2 kalikan dengan 4
4. hasil langkah 3 tambahkan dengan 9 
5. hasil langkah 4 kalikan dengan 5 
6. hasil langkah 5 tambahkan dengan bulan kelahirannya

Setelah langkah 1 sampai dengan 6 selesai, minta teman anda untuk memberitahu hasil perhitungannya, lalu anda kurangi hasil itu dengan angka kunci, yaitu 165 nah sekarang anda sudah mengetahui tanggal lahirnya.

Contoh:
Hasil perhitungan melalui langkah 1 sampai dengan 6 adalah 2767.
kemudian hasil itu dikurangi 165 , jadi 2767-165 = 2602, yaitu tanggal 26 bulan 02

simpel bukan temen anda pusing perkalian, dan penjumlahan anda cuman mengurangi dengan angka 165 aja :)

sebenarnya masih ada cara lain yang lebih asik tanpa perkalian atau penjumlahan tapi bisa tau tanggal lahir teman anda, makanya pantengin terus blog ini atau like FPnya.

segitu dulu postingnya , sampai bertemu diartikel lainnya ya... oia jangan lupa tuh dipelajari materi matematika kelas 5 nya :)

Silabus Matematika SMA Kelas x Semester 1 dan 2

Pagi dunia pendidikan indonesia !!! hari ini saya ingin saya posting Silabus yang tentunya sangat dibutuhkan oleh guru-guru dalam membantu proses belajar mengajarnya. mau share silabus pelajaran apa nih ? ya tentunya matematika dong lihat aja judulnya " Silabus Matematika SMA Kelas x Semester 1 dan 2 " masak mau share silabus bahasa inggris ato bahasa indonesia.

silahkan lihat silabus matematikanya seperti embed dibawah ini :


nah udah liatkan silabus matematikanya kayak apa, semoga bermanfaat dan sesuai dengan yang sedang anda cari, terima kasih sudah berkunjung di artikel matematika saya "Silabus matematika SMA kelas x semester 1 dan 2

ditunggu feedbacknya yah.

pembahasan soal operasi aljabar pada bentuk akar

Kali ini kita akan membahas soal operasi aljabar pada bentuk akar materi yang terdapat di SMA kelas x, untuk melihat materinya silahkan unduh di BSE matematika SMA kelas X kurikulum 2013 yang sudah pernah saya share.

diartikel matematika ini saya sediakan beberapa soal tentang operasi aljabar pada bentuk akar disertai dengan pembahasannya. silahkan kalian pelajari persoalan matematika ini dengan seksama ya,


sekian dulu artikel matematika di belajar-soal-matematika.blogspot.com semoga dapat membantu kalian semua memahami persoalan matematika tentang operasi aljabar  pada bentuk akar.

mudah2an artikel sederhana ini dapat membantu kalian dan jangan lupa membagi dengan teman agar kita semua bisa memahami semua persoalan matematika.

sampai ketemu diartikel selanjutnya, see you...

contoh soal dan pembahasan pangkat bulat positif

Diartikel sebelumnya sudah saya share tentang pangkat bulat negaitf, nah untuk kali ini kebalikannya pangkat bulat negatif yaitu pangkat bulat positif, di soal yang akan saya bagikan berisi soal dan pembahasan seperti bagaimanasih mengalikan bilangan atau variabel yang berpangkat positif, cara membagi variabel berpangkat positif, variabel berpangkat kemudian di pangkatkan lagi dan lain sebagainya

nah untuk dapat mempelajari persoalan-persoalan matematika dengan tipe seperti tadi silahkan baca, pelajari dan pahami soal-soal dan pembahasan tentang pangkat bulat positif berikut.



itulahlah contoh soal dan pembahasannya semoga kalian bisa mempelajari dengan seksama untuk selanjutnya bisa kalian pahami he he he...

Oia untuk lebih optimalnya usahakan kalian untuk mencoba persoalan matematika tersebut terlebih dahulu setelah selesai kalian baru lihat pembahasannya, dengan begitu kalian bisa tau dimana letak kesalahan-kesalahan kalian dalam proses mengerjakan persoalan matematika tersebut.

sekian dari saya terimakasih sudah mau berkunjung diblog sederhana ini dan jangan lupa bagikan juga ilmu anda jika anda sudah mengerti oke salam matematika sampai ketemu diartikel lainnya.

cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar

Kembali lagi dengan belajar-soal-matematika.blogspot.com sesuai dengan judul diatas yaitu cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, terus bagaimana caranya menyelesaikan persoalan matematika seperti itu? makanya belajar yang giat ya agar kalian dapat benar-benar menguasai dan memahami persoal-persoalan matematika, untuk mendukung kalian dalam belajar matematika nih saya share beberapa soal dan pembahasan bagaimana cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.



nah itu soal-soal dan pembahasannya jangan diliatin aja, dipelajari dong dicoba satu persatu apabila menemukan kesulitan tinggal liat pembahasannya saja. itu dulu pembahasannya tentang dunia matematika untuk kali ini semoga dapat membantu anda dalam mempelajari ilmu matematika. tetap semangat jangan mau kalah dengan angka-angka yang cuma ada 10 digit oke...

sampai bertemu di artike soal dan pembahasan matematika selanjutnya tentunya di blog kesayangan kita bersama belajar-soal-matematika.blogspot.com

soal dan pembahasan pangkat bulat negatif dan nol

bagaimanasih menyatakan sebuah pangkat negatif menjadi bilangan dengan pangkat positif, nah inilah yang akan kita kaji pada artikel ini untuk membantu anda dalam menyelesaikan persoalang pangkat bulat negatif menjadi positif ataupun sebaliknya dibawah ini saya sajikan beberapa soal pangkat bulat positif disertai dengan pembahasannya. langsung saja read this :


nah itulah soal dan pembahasan pangkat bulat negatif mudah2an sedikit banyak dapat membantu anda dalam proses belajar untuk memahami materi tentang pangkat bulat negatif ini.

sekian dulu artikel ini dan tolong bantu admin buat sharenya yah, agar teman-teman kalian juga bisa ikut belajar matematika bersama kita semua disini, salam matematika dan sampai ketemu di artikel lainnya

Cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana

Bagaimana sih Cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana ? berikut ada beberapa soal dan pembahasan tentang persamaan pangkat sederhana. dengan soal-soal matematika ini mudah-mudahan bisa menjadi sarana belajar kalian untuk bisa memahami tentang bab persamaan berpangkat.

oke langsung saja silahkan lihat soal dan pembahan persamaan pangkat sederhana dibawah ini




Bagaimana? mudah bukan untuk menyelesaikan persamaan perpangkatan, terus berlatih ya jangan bosan-bosan agar kalian benar-benar menguasai ilmu matematika sepenuhnya oke?

sekian dulu ya moga bermanfaat artikel yang saya bagikan ini dan jangan lupa untuk membagikannya pada teman-teman kalian juga agar kawab kalian juga bisa belajar memahami materi matematika yang satu ini.

soal mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma

soal dan pembahasan kali ini tentang bagaimana cara mengubah bentuk perpangkatan kedalam bentuk logaritma, sedikit mirip dari artikel sebelumnya yang berjudul soal logaritma dan pembahasannya

silahkan lihat soal-soal mengubah bentuk pangkat ke logaritma dibawah ini :


selamat belajar untuk mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma atau sebaliknya mengubah bentuk logaritma kedalam bentuk-bentuk perpangkatan teruslah berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

oia di file tersebut juga sudah ada pembahasan bagaimana menyelesaikan persoalan logaritma tersebut, semangat dan pasti kalian akan bisa.

sekian artikel tentang mengubah bentuk pangkat ke logaritma semoga dapat bermanfaat dan terima kasih sudah mau berkunjung diblog sederhana ini dan terima kasih juga yang sudah mau share untuk membantu teman-teman kalian.

soal logaritma dan pembahasannya


Dibawah ini  ada 6 soal logaritma disertai dengan pembahasannya, silahkan kalian pelajari baik-baik mudah-mudah soal-soal logaritma berikut dapat membantu anda dalam belajar matematika.

saran saya anda jangan langsung melihat pada pembahasannya kalian coba dulu untuk menentukan nilai logaritma atau menyederhanakan logaritma dari soal-soal yang sudah di sajikan kemudian baru anda mencocokkan hasil jawaban anda.

itu saja artikel matematika kali ini mengenai pelajaran logaritma dan semoga bermanfaat, tolong admin buat sharenya yach.

terima kasih dan sampai bertemu diartikel lainnya

9 Trik Matematika dasar

Matematika dasar atau hitung-hitungan dapat membuat banyak orang pusing (buat yang nggak suka sih). nah untuk itu artikel kali ini tentang beberapa trik matematika dasar semoga dapat membantu anda sedikit menghilangkan rasa pusing anda.


9 trik matematika dasar :

1. perkalian dengan 11

Kita semua sudah banyak yang tau trik perkalian dengan angka sepuluh – letakkan 0 di ujung angka saja bukan?, tapi apakah Anda tahu bagaimana trik perkalian dengan dua digit angka yaitu 11..? langsung saja cermati uraian berikut :

Misal angka 52 dikalikan dengan 11, Gunakan bilangan asli dan bayangkan ada spasi di antara dua digit :

5_2

Kemudian tambahkan dua angka tersebut ( 5+2 )  dan letakkan di bagian tengah:

5_(5+2)_2

dan didapat jawabannya: 572.

Bila angka yang di tengah lebih dari 1 digit (contohnya 18), tambahkanlah angka pertama (1) dengan angka didepannya:

9_(9+9)_9

9_18_9

(9+1)_8_9

10_8_9

1089, silahkan dicek apakah jawaban ini benar?.

2. Menghitung bilangan yang diKuadratkan

Bila Anda ingin menghitung kuadrat dari sebuah angka 2 digit dan berakhiran 5, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Kalikan angka pertama dengan angka itu sendiri dan kemudian ditambah 1, dan letakkan ’25' di akhir. lihat hasilnya..

25^2 = ( 2 x (2 + 1) ) & 25

2 x 3 = 6 & 25

625



3. perkalian dengan 5

Banyak orang yang dapat mengingat tabel perkalian 5 dengan mudah (5, 10, 15, 20…), akan tetapi ketika Anda menemukan sebuah jumlah yang lebih besar, maka caranya akan makin rumit – benar bukan?.

jika kalian ingin mengalikan sebuah bilangan dengan 5 yaitu caranya bagikan bilangan tersebut dengan angka 2 kemudian kalikan saja dengan angka 10. Silahkan lihat contoh berikut :

2682 x 5 = (2682 / 2) & 5 atau 0

2682 / 2 = 1341 (bilangan utuh, jadi letakkan 0)

13410

Mari coba yang lain:

5887 x 5 =  5887/2
2943.5 (bilangan pecahan (kalikan dengan 10)
maka menjadi
29435

4. perkalian dengan 9

Yang satu ini lebih sederhana- untuk mengalikan angka berapapun antara 1 - 9 dengan 9, perlihatkan telapak tangan didepan Anda – tutup satu jari yang merupakan angka yang hendak dikalikan (contohnya: 9 x 3 – tutup jari ketiga Anda) – hitung jumlah jari di depan jari yang ditutup (kalau 9 x 3, maka ada 2 jari di depan), kemudian hitung jumlah di belakangnya (kalau 9 x 3, ada 7 jari di belakang) – maka jawabannya 27.

5. perkaliaan dengan 4

Ini merupakan trik paling sederhana dan terlihat asing bagi beberapa orang, tapi tidak bagi yang sudah pernah tau. Trik ini mengalikan dengan dua, kemudian melakukannya lagi, lihat contoh berikut

58 x 4 = ( 58 x 2 ) + ( 58 x 2 ) = ( 116 ) + ( 116 ) = 232

6. Menghitung Tip

Bila Anda perlu untuk meninggalkan tip sebesar 15%, inilah cara mudah untuk melakukannya. Hitung 10% (bagi jumlah tersebut dengan 10) – kemudian tambah dengan jumlah tersebut dengan dibagi dua terlebih dulu, untuk memahaminya silahkan lihat contoh berikut:

15% of $25 = ( 10% dari 25 ) + ( (10% dari 25 ) / 2)

$2.50 + $1.25 = $3.75

7. Perkalian Rumit

Kalau Anda punya jumlah lebih besar untuk dikalikan dan salah satu angka tersebut genap, Anda dapat membaginya dengan cukup mudah untuk mendapatkan jawabannya:

contoh :
32 x 125, sama dengan:
16 x 250 sama dengan:
8 x 500 sama dengan:
4 x 1000 = 4.000

8. Membagi dengan 5

Membagi jumlah besar dengan angka 5 sebenarnya sangat mudah, yang perlu Anda lakukan adalah mengalikannya dengan 2 kemudian dibagi dengan 10:

195 / 5 ?

Tahap 1: 195 * 2 = 390
Tahap 2: dibagi dengan 10, 390/10 = 39

2978 / 5 ?

Tahap 1: 2978 * 2 = 5956
Tahap 2: 595.6

9. Mengurangi dari 1.000

Untuk mengurangi jumlah besar dari 1.000, Anda bisa memakai aturan dasar ini: kurangi semuanya dengan 9 kecuali angka terakhir, kemudian kurangi angka terakhir dengan 10:

contoh
1000 - 648 ?

Tahap 1: kurangi 6 dari 9 = 3
Tahap 2: kurangi 4 dari 9 = 5
Tahap 3: kurangi 8 dari 10 = 2

Jawaban: 352
itulah sedikit trik mengenai perhitungan dalam matematika dasar intinya carilah jalan tercepat untuk mencapai tujuan, saya rasa anda juga dapat menemukat trik yang lebih mudah lagi untuk itu teruslah bersemangat untuk memajukan dunia matematika indonesia.
 

Tanya Kami

Pelajari Juga