Langsung ke konten utama

Alat Peraga Matematika SD (suhu dan pecahan)

Sebelumnya admin juga sudah pernah posting mengenai Alat peraga - apa dan bagaimana ? di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk materi peluang dan kali ini admin kasih judul "alat peraga matematika SD" apa isinya? yuuk simak bareng-bareng.

Artikel ini merupakakan ringkasan dari makalah yang dibuat oleh Drs. Ahmadin Sitanggang, M.Pd dari LPMP sumut yang berjudul " alat peraga matematika sederhana untuk sekolah dasar". Sebelum menginjak ke pokok bahasan utama ada baiknya kita mengulang apa itu pengertian alat peraga matematika ?

Pengertian Alat Peraga Matematika

Alat peraga merupakan bagian media pembelajaran yang dapat diartikan sebagai semua benda yang digunakan sebagai perantara dalam  proses  pembelajaran.  Tujuan  dasar  penggunaan  media  pembelajaran yakni untuk memperjelas instrumen yang akan disampaikan, dapat merangsang perhatian,  pikiran, dan kemampuan  siswa,  alat peraga juga harus  dapat  meningkatkan  efektifitas  dan  kelancaran  dalam proses  belajar, terutama dalam  hal memperjelas  materi  yang sedang dipelajari,  sehingga pada akhirnya  dapat mempercepat proses  perubahan  tingkah  laku  siswa.

Fungsi alat peraga

Alat peraga matematika mempunyai beberapa fungsi antara lain :
  • memberikan motivasi pada siswa
  • memperkenalkan, memperbaiki, serta meningkatkan pengertian konsep dan fakta
  • mempermudah abstraksi
  • memberikan  variasi  pengajaran  sehingga  siswa  tidak terlalu bosan  dengan  teori 
  • efisiensi waktu dalam belajar mengajar karena siswa lebih mudah mengerti
  • mengembangkan suatu topik bahasan
  • menunjangkan  matematika  di luar  kelas  untuk  dapat menunjukkan  penerapan matematika dalam keadaan yang sebenarnya.

Syarat-syarat Pembuatan Alat Peraga

Alat peraga matematika terdiri dari dua jenis yaitu alat peraga asli dan alat peraga bend tiruan, untuk mendapatkan fungsi dan manfaat alat peraga matematika agar sesuang yang diharapkan dari pengajar maka sangat perlu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Bentuknya sederhana  dan  lebih tahan  lama  (tidak  cepat rusak )
  • Jika ada lebih baik menggunakan barang yang murah dan mudah didapat
  • Mudah dalam penyimpanan serta penggunaannya
  • Memperlancar dalam pengajaran dan mempermudah dalam proses pemahaman bukan sebaliknya
  • Harus disesuaikan dengan usia anak
  • Jika dapat memungkinkan untuk dapat digunakan dalam beberapa topik, itu lebih baik
  • Bentuk dan warna dapat menarik perhatian siswa.
Tidak semua materi matematika dapat dibuatkan alat peraga, kadang juga ada yang bisa dibuatkan alat perga tapi justru dapat mempersulit pemaaman siswa.

 Beberapa Alat peraga Matematika SD

Nama alat peraga : Cerukaf
alat peraga matematika cerukaf
Cerukaf
Kegunaan :
  • Alat peraga ini dapat menunjukkan pada siswa perbandingan  suhu pada skala yag berbeda dengan sekali proses
  • Dapat membuktikan bahwa perbandingan suhu yang dilakukan secara manual ( peghitungan) menunjukkan nilai yang sama pada pengukur sebenarnya
  • Dapat mempermudah dalam memahami konsep perhitungan antara perbandingan suhu skala derajat satu dengan lainya.
Cara penggunaan :
Untuk dapat mengetahui derajat dari suhu yang ditanyakan, tariklah tali yng terdapat diatas hingga jarum dapat menunjukkan derajat suhu yang diketahui. Maka suhu yang sejajar dengan derajat suhu yang sdah diketahui adalahh nilai suhu yang ditanyakan, selanjutnya tarik kembali tali yang tersebut agar posisi kembali semula.

Nama Alat peraga : Permainan kartu pecahan

Bentuk alat peraga :

Alat peraga matematika untuk materi pecahan ini berbentuk kartu bilangan dimana setiap kartu berisi bilangan-bilangan matematika. Disini kita menggunakan dua kartu yaitu : kartu pecahan senilai dan kartu persen-pecahan. Setiap kartu terdapat dua bagian yang berisi soal- yang harus dikerjakan. Julah kartu silahkan disesuaikan dengan kebutuhan atau disamakanjumlah kartu domino atau lainnya.

Kegunaan Alat peraga :
Ada 2 jeis kartu dalam peraga permanan kartu pecahan :
  • Kartu Permainan persen-pecahan
alat peraga matematika sd persen pecahan Kartu ini digunakan untuk melatih siswa dalam mengubah bentuk persen ke pecahan atau sebaliknya

  • Kartu Pemainan pecahan senilai
alat peraga matematika pecahan senilai Untuk jenis kartu yang ini digunakan untuk melatih mencari suatu pecahan yang nilainya sama besar



Cara memainkan :
Permainan matematika ini dapat dimainkan 2,3 maupun 4 siswa, kartu dikocok lalu dibagikan kepada siswa sebanyak 5/6 kartu untuk setiap siswa. buka satu kartu dari sisa kartu yang tidak terbagi. Kemudian pemain menyambung susunan kartu secara bergantian, misal kartu pecahan disambung dengan nilai persen yang sesuai atau sebaiknya. Bisa juga kartu pecahan desimal disambung dengan pecahan biasa yang senilai danseterusnya.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :
susunan permainan kartu pecahan

Demikian artikel alat peraga matematika SD yang bisa admin share, semoga bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

Tabel dan Cara Belajar Perkalian 1 sampai 10

Perkalian 1 sampai 10 waktu jaman saya sekolah dulu diajarkan pada saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar ( SD ) menurut asumsi admin perkalian 1 sampai 10 memang harus dikusai anak-anak sd agar kedepannya anak-anak bisa mencerna dengan mudah materi matematika yang akan diajarkan selanjutnya. Pada saat menginjak kelas 4 anak harus menguasai perkalian 6 - 10 diluar kepala, maksudnya ketika anak di tanya perkalian antara 6 kali 7 tidak harus berfikir lama untuk menjawabnya, seingat admin waktu itu diajar oleh guru dengan perkalian jarimatika dan itu sangat membantu sekali dalam pemahaman dan kecepatan menjawab soal-soal perkalian. Tabel perkalian 1 sampai 10 Sebelum admin berbagi cara belajar perkalian 1 sampai 10 ada baikknya admin membagi tabel perkalian 1 sampai 10 guna penalaran singkat dan juga bisa di gunakan pencocokan hasil perkalian yang di hitung oleh anak-anak, akan tetapi diusahakan anak-anak tidak ketergantungan untuk selalu menggunakan tabel perkalian berikut untuk

Cara Menghitung Logaritma

Cara menghitung logaritma tidak harus selalu menggunakan kalkulator, persepsi bahwa logaritma harus diselesaikan dengan kalkulator itu tidak benar. Dengan memahami sifat logaritma itu sendiri, menghafal 4 "nilai dasar dari logaritma", dan paham akan metode interpolasi linier, dari sini pencarian nilai logaritma dengan kalkulator tidak menjadi hal yang mustahil. NILAI DASAR LOGARITMA DAN AKURASI PERHITUNGAN Berikut 4 nilai yang kemudian akan kita sebut sebagai "nilai dasar logaritma". Log 2 = 0,301 Log 3 = 0,477 Log 5 = 0,699 Log 7 = 0,845 Perlu kita tahu bahwa metode menghitung logaritma tanpa kalkulator ketepatan nilainya (akurasi ) mendekati 100%. Artinya perhitungan ini tidak akan sepenuhnya tepat sesuai dengan nilai yang seharusnya. Namun, untuk dapat menghitung nilai-nilai logaritma dimana numerusnya relatif kecil, metode ini dapat dibilang cukup akurat (> 99,9%). dan sebaliknya, jika numerusnya cukup besar, akan terjadi penyimpangan dari hasil

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN MATEMATIKA SMA PER-BAB

KUMPULAN SOAL LATIHAN UN (UJIAN )NASIONAL) SMA IPA PER-BAB: soal-soal latihan un ini disusun berdasarkan indikator soal ujian nasional, semoga dengan latihan-latihan soal un matematika ini dapat membantu anda dalam menghadapi ujian nasional nantinya. Berikut daftar download soal-soal latihan un matematika: 1. Soal-soal latihan un matematika BAB Pangkat, Akar, dan Logaritma ( Download ) 2. Soal-soal latihan un matematika BAB Fungsi Kuadrat ( Download ) 3. Soal-soal latihan un matematika BAB Sistem Persamaan Linier ( Download ) 4. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 1( Download ) 5. Soal-soal latihan un matematika BAB Trigonometri 2 ( Download ) 6. Soal-soal latihan un matematika BAB Logika Matematika ( Download ) 7. Soal-soal latihan un matematika BAB Dimensi Tiga ( Download ) 8. Soal-soal latihan un matematika BAB Statistika ( Download ) 9. Soal-soal latihan un matematika BAB Peluang ( Download ) 10. Soal-soal latihan un matematika BAB Lingkaran ( Download ) 1